Alasan Belajar Psikologi

Alasan Belajar Psikologi – Kami dapat memberi Anda ribuan alasan mengapa menurut kami mempelajari Psikologi itu layak. Namun, ada satu yang merangkum semuanya – ini mengasyikkan! Beberapa Slot Bonus New Member 100 disiplin melampaui pengembangan profesional belaka dan memperkaya kita sebagai manusia, memungkinkan kita untuk tumbuh dan memiliki visi yang lebih luas tentang realitas kita. Meskipun bukan pelajaran yang mudah untuk dipelajari, ini adalah petualangan yang pasti berharga.

Ketika Anda menghadiri kelas pertama Anda di universitas dan mencari tahu berbagai mata pelajaran apa yang membentuk gelar Psikologi, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri apakah Anda telah membuat pilihan yang tepat dalam mempelajari Psikologi atau tidak. Anda mungkin mengalami kejutan yang cukup besar ketika Anda memiliki lusinan buku untuk dibaca, semuanya dengan berbagai teori dan pendekatan yang harus Anda pahami dan ketahui cara membedakannya.

Beberapa orang merasakan ketegangan dan bahkan keputusasaan ketika mereka berhadapan langsung dengan dunia statistik dan desain eksperimental yang selalu rumit namun menarik. Dunia di mana matematika masih diperlukan – berita buruk bagi mereka yang memiliki ingatan buruk tentang mata pelajaran khusus ini. Namun, itu adalah pekerjaan sehari-hari, dan kontak dengan masing-masing bidang yang membentuk sains ini yang akhirnya menyadarkan kita pada alam semesta yang menakjubkan dan membantu mengarahkan kita ke jalan kita.

Di sisi lain, dapat dikatakan bahwa mempelajari psikologi tidak akan membuat kita kaya atau bahkan menjamin pekerjaan setelah menyelesaikan gelar. Kondisi masyarakat dan pasar tenaga kerja saat ini adalah apa adanya, dan terkadang kita harus menggabungkan bakat dengan kecerdikan, motivasi dengan peluang, dan ketekunan dengan kesabaran. Namun, juga harus dikatakan bahwa ada begitu banyak aspek untuk dikembangkan, dan jika kita memilih spesialisasi yang baik, kita dapat membangun masa depan profesional yang kaya dan luar biasa.

Alasan Belajar Psikologi

Psikologi membantu kita memahami diri sendiri dengan lebih baik

Saat kita masuk lebih dalam ke semua teori di atas, pendekatan yang berbeda terhadap kepribadian, perkembangan manusia atau bagaimana budaya berdampak pada perilaku kita, kita dipaksa untuk melihat kehidupan kita sendiri dan orang lain juga.

Mempelajari Psikologi akan membuat kita banyak bertanya pada diri sendiri. Pertanyaan yang tidak selalu ada jawabannya. Tapi yang akan membantu kita untuk terus mencari dan menemukan. Ini akan menjadi petualangan di mana kita mengenal diri kita sendiri dan orang lain lebih banyak setiap hari, dan di mana kita dapat meninggalkan sikap dan gagasan tertentu yang dulunya sangat penting bagi kita.

Kita akan belajar menghargai metode ilmiah

Psikologi bukanlah sihir. Kami bukan mentalis dan kami juga tidak memiliki radar dalam pikiran kami yang memungkinkan kami untuk menangkap dalam 5 detik trauma apa yang diderita orang di depan kami, apa yang mereka takuti, atau apa kekuatan mereka. Kita juga hampir pasti akan dituduh oleh teman, saudara atau kenalan “menganalisis mereka”.

Psikologi, seperti yang kita ketahui, memiliki banyak mitos palsu yang terkait dengannya, dan kita harus menghadapinya dalam banyak konteks, suka atau tidak suka. Namun, ada satu aspek yang harus kita perjelas dari kata pergi – Psikologi adalah ilmu sosial yang didasarkan pada metode ilmiah.

Kita perlu memahami bahwa untuk mencapai kesimpulan tertentu, data dan wawasan tertentu, kita harus melalui banyak pekerjaan yang melelahkan, objektif, dan sabar. Pekerjaan ini selalu didasarkan pada serangkaian metode penelitian, dan ini adalah cara untuk sukses sebagai seorang profesional Psikologi. Di sisi lain adalah “psikologi pop” yang sangat disukai masyarakat umum, dan yang kita lihat setiap hari di majalah atau jejaring sosial. Namun ini memiliki sedikit atau tidak ada hubungannya dengan kenyataan.

Anda akan mengembangkan pemikiran kritis

Sebagian besar materi, teori, pendekatan, dan bidang yang membentuk studi Psikologi membantu kita mengembangkan pemikiran kritis. Suka atau tidak suka, itu adalah persyaratan penting jika kita ingin menjadi profesional yang baik, dan jika kita benar-benar ingin berguna bagi orang lain tanpa kehilangan integritas dan kehormatan kita. Hanya dengan begitu kita akan membedakan kayu dari pohon, kejernihan penipuan, realitas manipulasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *