Tempat Bersejarah Yang Ada Di Indonesia

Tempat monumental adalah salah satunya tujuan berlibur dalam negeri yang jangan dilewati! Yok, baca sejumlah daftar tujuan yang wajib masuk bucket list-mu!

Indonesia memang negara yang kaya! Bukan hanya berkaitan sumber daya alam, tetapi juga perjalanan sejarahnya yang panjang. Beragam Slot Mania Online pojok di negeri ini simpan reputasi sejarah yang masih tetap exist dan terurus sampai saat ini.

Berkunjung tempat monumental juga tawarkan kesan tersendiri. Tidak sekedar liburan dan menentramkan pikiran, kamu juga berpeluang untuk mempelajari perjalanan bangsa dan tingkatkan hati cinta tanah air.

Yok, baca 5 daftar tempat monumental di Indonesia yang sudah disimpulkan oleh Batam Tourism Polytechnic!

1. Istana Maimun, Medan

Berada di Medan Sumatra Utara, Istana Maimun adalah bangunan istimewa warisan Kesultanan Deli yang tetap terurus sampai sekarang. Istana ini dibuat pada 1888 oleh Sultan Maimun Al Rasyid Gagah Alamsyah dengan kontribusi arsitek asal Italia.

Memiliki luas yang capai 2.772 mtr. persegi, Istana Maimun memiliki keseluruhan 30 ruang yang bentuknya di inspirasi dari beragam belahan dunia. Karenanya, kamu bukan hanya akan temukan arsitektur berpenampilan Melayu, tetapi juga timur eropa dan tengah.

2. Tempat Monumental di Semarang: Lawang Sewu

Lawang Sewu sebuah bangunan yang banyak dikenali sebagai icon Kota Semarang. Bangunan yang digagas pada 1904 ini sudah berumur lebih dari 100 tahun dan jadi saksi perjalanan bangsa Indonesia. Dahulunya, Lawang Sewu sebelumnya pernah dipakai sebagai Kantor Pusat Administrasi Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS saat penjajahan Belanda.

Secara harfiah, Lawang Sewu sendiri bermakna “seribu pintu “.Pemberian nama ini pasti bukan tanpa ada alasan, tetapi karena jumlahnya jendela dan pintu memiliki ukuran besar yang dipunyainya. Walau demikian, jumlah pintu Lawang Sewu sendiri tidak capai seribu, tetapi cuma 429 pintu.

3. Candi Borobudur, Magelang

Siapa sich yang tidak tahu Candi Borobudur? Kompleks candi ini sebelumnya pernah dikukuhkan sebagai satu dari 7 fenomena dunia. Berada di Magelang, Jawa tengah, Candi Borobudur adalah saksi kemasyhuran tuntunan Buddha di Indonesia.

Keelokan dan keelokannya sukses jadi daya magnet untuk pelancong dalam sampai luar negeri. Walaupun demikian, candi ini bukan hanya dijadikan tempat wisata, tetapi tetap digunakan dalam beragam aktivitas keagamaan, terutama pada Hari Raya Waisak.

4. Tempat Monumental di Makassar: Fort Rotterdam

Fort Rotterdam adalah benteng pertahanan yang dibuat pada periode Kerajaan Gowa-Tallo dari tahun 1667. Awalannya benteng ini dinamakan Benteng Ujung Pandang, lantas berpindah jadi Fort Rotterdam saat kehadiran penjajahan Belanda. Sesaat sesudahnya, bangunan ini sukses diambil lagi oleh pasukan yang dipegang Sultan Hasanudin.

Bukti unik dari benteng ini adalah ruangnya sebagai saksi sejarah saat Pangeran Diponegoro dikucilkan dan ditahan. Dengan bertandang ke Benteng Rotterdam, kamu dapat mempelajari sejarah dan cerita perjuangan pahlawan, terutama dalam saat penjajahan Belanda.

5. Taman Sari, Yogyakarta

Tujuan tempat monumental yang lain yang penting kamu kenali adalah Taman Sari Yogyakarta. Bangunan ini pertama kalinya digagas pada periode Sultan Hamengku Buwono I sebagai taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bangunan dengan luas awalnya 10 hektar ini memiliki 57 bangunan yang meliputi kompleks kolam pemandian, jembatan menggantung, saluran air, pulau bikinan, lorong bawah tanah, dan ada banyak yang lainnya. Tujuan satu ini juga sudah melalui beragam kejadian monumental, seperti saat penjajahan Belanda dan Jepang sampai momen kemerdekaan bangsa Indonesia.

Itulah sejumlah daftar tempat monumental di Indonesia yang penting kamu kenali dan datangi di periode mendatang. Dengan melihat macam tempat monumental, kita semakin lebih pahami perjuangan dan perjalanan bangsa tersayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *