Fakta Menarik Kebun Raya Bogor

Fakta Menarik Kebun Raya Bogor

Fakta Menarik Kebun Raya Bogor – Kebun Raya Bogor merupakan kebun botani yang berada di Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat ini kerap dijadikan alternatif liburan keluarga gara-gara alamnya yang terjaga. Selain keluarga banyak terhitung lho anak muda dan juga rombongan anak sekolah yang menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai area rekreasi sambil belajar. Tiket masuk Kebun Raya Bogor yang terjangkau menjadi alasan mengapa kebun ini selamanya ramai dipadati pengunjung.

Meskipun ramai, kamu nggak bakal desak-desakan pas berwisata ke sini gara-gara luas Kebun Raya Bogor sendiri menggapai 87 hektar. Luas banget kan, RedTraveler! Kebun yang luas ini ternyata punyai sejarah panjang, lho. Sejarah Kebun Raya Bogor dan juga fakta menarik lainnya sanggup kamu temukan di sini.

Berdasarkan prasasti batutulis Kebun Raya Batu merupakan anggota hutan buatan yang telah ada sejak jaman Kerajaan Sunda. Hutan ini berfungsi untuk memelihara kelestarian alam lebih-lebih melestarikan benih kayu yang telah langka. Setelah Kerajaan Sunda ditaklukan oleh Kerajaan Banten, area hutan ini terbengkalai.

Fakta Menarik Kebun Raya Bogor Indonesia

Pada jaman kolonial Belanda tepatnya terhadap awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang tinggal di Istana Bogor tertarik untuk mengembangkan daerah ini jadi kebun yang cantik. Dia sendiri sebetulnya punyai minat yang tinggi terhadap botani. Atas perlindungan ahli botani bernama W. Kent, Raffles menjadikan daerah ini jadi halaman serta taman yang cantik untuk Istana Bogor. Ini lah sejarah singkat terbentuknya Kebun Raya Bogor yang kita kenal pas ini.

Artikel lainnya: Informasi Ganjil Genap Yang Diterapkan di Bogor

Kebun yang luasnya 87 hektar ini ternyata telah kokoh berdiri sejak sebelum akan Indonesia merdeka. Karenanya, Kebun Raya Bogor jadi saksi bisu pas pejuang Bangsa kita merebut dan menjaga kemerdekaan. Dilansir berasal dari web site Jabar Prov, Kebun Raya Bogor didirikan 18 Mei 1817 atas prakarsa Prof. Dr. Reinwadt, seorang ahli botani berasal dari Jerman. Koleksi di Kebun Raya Bogor terdiri berasal dari tanaman tropis bersama dengan tipe tanaman lebih berasal dari 20.000 tanaman yang tergolong di dalam 6.000 spesies.

Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun terhadap perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor mampu dikatakan memulai perkembangan pengetahuan pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi terhadap zaman itu (1880 – 1905).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *