Makanan Yang Mengudang Selera Setiap Pengunjung

Jajan atau makanan tradisional biasanya menjadi pilihan oleh sebagian orang saat sudah bosan dengan makanan atau hidangan modern yang dibuat cara serba praktis.

Nah, berikut PanturaPost.com berikan ulasan sejumlah RTP Slot Pragmatic jajan tradisional keunikan Jateng yang sudah pasti tidak kalah enak dibanding makanan modern.

1. Notebookia

Pertama ada notebookia, yang disebutkan seperti kue pia atau bakpia dari Tegal. Performanya sama dengan bakpia pathok keunikan Jogja, tetapi sebenarnya ukuran notebookia keunikan Tegal ini tambah besar.

Notebookia dibikin dari gabungan kacang hijau dan gula, lalu dilapisi adonan yang dibikin dari tepung awalnya paling akhir dipanggang. Didalamnya beragam, tidak cuma kacang, tetapi sudah ada yang berisi coklat dan keju.

2. Klepon

Kedua adalah klepon. Jajan tradisional ini mungkin kenal dalam telinga pembaca setia PanturaPost. Permasalahannya walaupun termasuk makanan zaman dahulu, kedatangan klepon di tengah-tengah masyarakat modern masih banyak.

Klepon sendiri ialah seperti kue yang berbentuk bulat imut dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kue ini mempunyai struktur legit. Kekhasan klepon adalah ada isian gula merah cair, yang akan ‘meledak’ di mulut saat digigit.

3. Lihat

Jajan tradisional seterusnya adalah intip. D ikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Surakarta, saksikan ialah istilah dalam bahasa Jawa yang memiliki makna kerak nasi. Kerak nasi ini diolah dan menjadi makanan khas.

Proses pembuatannya lumayan panjang, diawali dari memproses nasi secara tradisional terlebih dulu sampai timbulkan kerak di bawah kendil, seperti panci tebal yang digunakan untuk menanak nasi pada zaman dahulu dan penjemuran kerak itu sampai kering awalnya paling akhir diolah.

4. Gethuk

Getuk dibikin dari singkong yang direbus seterusnya ditumbuk halus. Jika ambil ke belakang, pemilihan singkong di sini, karena pada zaman penjajahan dahulu sulit untuk dapatkan beras, sampai masyarakat berusaha mencari alternatif makanan dasar, yaitu singkong.

Gethuk seterusnya dikreasikan menambah bahan warna, menukar performa, dan menambahkan rasa manis atau asin saat pembuatannya. Gethuk biasanya disajikan parutan kelapa sebagai toping.

5. Putu Ayu

Selanjutnya ada putu ayu. Kata ‘ayu’ yang terpasangkan pada nama kue ini karena visualnya yang warna hijau dengan kombinasi warna putih dari kelapa membuat performa kue ini betul-betul cantik.

Selain performanya yang cantik, susunan dan rasa dari makanan ini enak. Bahan dasar pembuatan kue putu ayu dari tepung terigu, kelapa, dan gula. Putu ayu biasanya dibuat bentuk bunga. Kue keunikan Jateng ini betul-betul cocok sebagai kudapan pendamping teh atau kopi saat pagi hari.

Selain kelima jajan di atas, ada beberapa jajan atau makanan tradisional lain keunikan Jateng yang tidak kalah enak dari makanan modern yang sekarang ini sudah tumbuh subur di mana-mana. Sebutkan saja wajik, carang madu, lemper, dan beragam jajan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *